Total Pageviews

Monday, July 23, 2012

Food Of The Week : Kuliner Balikpapan


Pertengahan Bulan July Kemarin saya dan keluarga sempat berlibur ke Balikpapan menjenguk Adik saya selama 3 Hari. Balikpapan sangat terkenal dengan Kuliner Seafoodnya, maka marilah saya mulai menceritakan petualangan pendek saya di Balik Papan.
Begitu sampai dirumah adik saya, kami langsung disuguhi Tumis Rusa (menjangan) yang disantap dengan Roti MAnatau, ini sangat istimewa apalagi karena masakan seperti ini sangat jarang di Jakarta, ditambah lagi krn memang sudah kelaparan gara2 flight di delay. Maka menu Tumis rusa ini menjadi sangat istimewa (saking lahapnya makan saya sampai lupa foto hehehe)
1st Morning di Balikpapan kami B’fast di warung Coto Makassar di dekat pasar kebun sayur (lupa namanya apa) menurut saya rasanya enak TAPI sama sekali bukan Coto Makassar apalagi saya pernah menikmati the Real Coto di kota Makassar, coto yg ini lebih mirip soto jerohan ala Surabaya, maaf saya juga lupa mengambil foto makanan ini.

Siangnya kami lunch di rumah makan Haur Gading di pasar kebun sayur, 

Disana kami memesan Udah Galah Bakar, Cumi Bakar, dan Pepes Ikan. Udang Galahnya Luar Biasa besarnya dan karena sangat fresh (saya lihat sendiri dari mentahnya, dibumbuin, dibakar hingga siap dihidangkan) jadi rasa Khas Udangnya masih Sasngat terasa. Bumbunya yang simple (sehingga tidak over power rasa udangnya) sangat cocok untuk udang fresh seperti ini saya sendiri Habis 2 ekor udang Galah bakar ini.

Cumi Bakarnya dibakar ala Sate, Cuminya sendiri tidak terlalu besar tapi again krn fresh maka texture cuminya masih sangat baik. Bumbunya pun (dominan dengan rasa rempah dan kecap) sangat mantap, karena textur daging cumi yang sulit meresap bumbu maka rasa kuat dari bumbu bakarnya membuat cita rasa Cumi Bakar disini Top Markotop.

Untuk Pepes Ikannya saya sendiri tidak sempat mencicipi (krn sudah kenyang makan Udang dan sate Cumi), tapi yang lain dari pepes ikan bias.. bingkisan Pepesnya sangan “Gendut” saya juga kurang tau selain ikan apa saja didalam bingkisan pepes tersebut, tapi yang pasti baunya sangat wangi dan dengan dibalut daun pisang besar seperti itu menunjukan ini juga hidangan Istimewa.

Malamnya kami bersantap malam Resto The Beach House, kira2 ½ jam dari kota balik papan. Disana konsepnya restoran outdoor ditempi pantai, makanan yang disuguhi lebih ke makanan International. Untuk Appetizer saya memesan Ubi Goreng ditaburi keju dan Mian Coursenya Saya memilih Steak Sandwich. 

Ubi Goreng dan Steak Sasndwichnya menurut saya OK saja, tapi yang agak istimewa adalah bitterballenya, padat akan daging dan rasa, makan satu saja seperti kurang tapi karena memang isisnya yang padat maka bila keterusan makan hingga 3 saja sudah mengenyangkan.
Hari ke-2 kami habiskan berburu pantai, sore kami tiba di Pantai Kemala di dalam kota Balikpapan, Pantainya sangat bersih dan pasirnya benar2 murni pasir laut, minim akan serpihan batu atau kotoran, hal ini membuat texture pasir di Pantai Sasngat lembut. Malamnya Kami menyantap hidangan di jajaran rumah makan kecil di Pantai Kemala. Tidak ada yang terlalu special disini, tapi beruh sudah lelah bermain dipantai maka makanan biasa pun menjadi enak.

Di Hari ke-3 Adik Ipar saya membuat acara BBQ Seafood. Menu yang dia persiapkan adalah Cumi Bakar, Udang  Bakar Sosis Bakar dan Ikan Bakar. Saya kurang mengikuti proses pembuatan Bumbu Bakarnya, tapi yang saya ingat bumbu untuk udang bakarnya dominan dengan rasa Lemon dan bawang putih. 


Bumbunya cukup sederhana sehingga tidak over powering rasa udangnya, tapi cukup tasty. Rasa lemonya yang segar mengkompensasi rasa dan bau amis yang khas melekat di hidangan seafood.
Untuk Pulang ke Jakarta kami membukus Kepiting khas Balipapan, yaoitu kepiting Ddandito. Kepitingnya kami santap di rumah di Jakarta keesokan harinya. Kepiting Lada Hitamnya maknyus dan kepiting sokanya juga nikmat tiada tara.

Demikianlah cerita liburan saya di Kota Balikpapan.

Cheers,
CK

1 comment: