Total Pageviews

Monday, January 9, 2012

Food Of The Week : New Year Feast

Salah satu Hobi dan kegemaran saya Makan dan jajan, maka saya akan ada sesi khusus kuliner di Blog ini, yang akan membahas secara detail pertualangan kuliner saya. Well here goes… untuk sesi food of the week kali ini saya akan membahas menu malam tahun baru 2012 kemarin ( I know that’s more than a week ago.. tapi patut untuk dibahas).
Acara tahun baru 2011-2012 kemarin saya rayakan dirumah saya bersama sahabat2 saya dan anak istri mereka. kami mengadakan Bbq steak yang bumbunya semua racikan sendiri. Untuk setaknya kami perisapkan 6 slice New Zealand Sirloin, dan 6 slice steak Australian Rib eye masing masing beratnya ranging dari 200gr-270gr. Untuk Side dishnya istri saya mempersiapkan Light Spaghetti, Macaroni schotel, tumis baby potatoes, dan tumis jamur. Untuk makanan kecil ada Microwave popcorn, Beberapa kantong potato chips. Untuk beverages di Ice cooler saya sediakan Aneka Jus kotak, Coca Cola Fanta dan Aqua Gelas.

Bumbu Rendaman Steaknya Saya Gunakan Bawang Bombay, Bawang Putih, Red Wine Vinegar, Lea Parins Worcestershire (kecap inggris) sauce, Kecap asin, Mustard, dried Parsley flakes, garlic powder, black pepper,  dan Minyak goreng sebagai perantara. Semua diblender jadi satu dan disiram kedaging dan direndam selama 8 jam didalam lemari es.

30mn-60mnt Sebelum memulai Bbq sebaiknya daging dikeluarkan dari lemari es agar suhu daging mendekati suhu ruangan. Pada saat Bbq saya hanya menggunakan olesan minyak goreng dan McCormick Bbq seasoning powder untuk setiap kali dagingnya dibalik. Masing2 sisi hanya membutuhkan waktu 5-6 menit (total waktu satu daging diatas grill max 15mnt)… untuk menjadi medium well, bila lebih lama dari itu daging akan menjadi well done dan bumbu rendaman yang tadi sudah susah payah dibuat akan menguap semua dan daging menjadi kering.

Menurut saya Daging Steak paling sempurna bila pada saat dipotong masih ada 2-3mm daging merah ditengahnya… ini artinya daging masih juicy dan kenyal.. kalau warna daging saat di potong sudah berwarna coklat (matang) semua itu artinya sudah tergolong well done, sudah tidak juicy lagi. Dan sebaiknya steak saat diangkat dari grill langsung disantap… karena sebenarnya walaupun sudah tidak diatas grill cooking process dari daging tersebut masih berlangsung krn daging tersebut masih menyimpan panas yang didapat dari Grill bbq, bila didiamkan lebih dari 10mnt daging yang tadinya medium well akan menjadi well done dengan sendirinya.
Untuk Light spaghetti yang istri saya bikin, the fact karena spaghetti tersebut tidak memakai saus tomat atau cream dan keju sungguh tepat untuk menjadi side dish. Spaghetti hanya ditumis dengan olive oil, oregano, bawang putih dan sedikit bumbu2 lainnya (maaf saya tidak hafal).



Untuk Bumbu untuk Makan Steaknyapun saya racik sendiri, saya membuat 2 macam bumbu asam-gurih dan bumbu madu. Untuk yang asam gurih saya tumis saja bumbu rendaman bekas daging tersebut, bumbu tersebut di tumis sampe mendidih dan mengental. Untuk Saus madunya, saya tumis Bawang Bombay, Olive oil dan mentega, dan tentunya madu.. ditambah bumbu sedikit bbq (merek apa saja), jadi deh bumbu bbq rasa madu.









Overall malam tahun baru tersebut sukses, steaknya juicy dan maknyuusshh, side dish jamur kentang dan light Spaghettinya ringan dan lezat cocok menemani Bbq Steak, makaroninya dan snack lainnya cocok untuk menemani canda tawa, kompetisi game computer Dirt3 (saya kalah terus…) sambil menunggu pergantian tahun baru.
Selamat Tahun baru 2012 Everybody…

Cheers,
CK

No comments:

Post a Comment