Total Pageviews

Tuesday, January 31, 2012

Tips Membangun PC, (Part 1 Komponen Utama, Chapter a. Intel Processor)

Sebenernya saya bukan lulusan IT ataupun yang berurusan dengan tetek bengek pengetahuan komputer, tapi memang salah satu hobby saya selalu bergelut dengan hardware komputer. Saya juga bukan master yang mengetahui detail spesifikasi komputer, tetapi enthusiast yang selalu tertarik dengan kemajuan teknologi komputer. Walaupun begitu banyak yang bertanya kepada saya atau minta pendapat tentang hardware yang akan di pilih atau di beli. Jadi tidak ada salahnya saya post disini khan, biar kita bisa berbagi ilmu.

Yang pertama tentukan dulu kebutuhan anda, apakah untuk office, home theater, gamer, designer, atau enthusiast? Yang kedua tentu saja untuk processornya apakah anda akan memilih dari kubu Intel atau AMD, karena ini akan mempengaruhi jenis motherboard yang akan dipakai.

Pada tahun ini lagi-lagi sepertinya tahun emas Intel, setelah sepertinya AMD performanya menurun tidak sesuai dengan yang diharapkan. Processor yang akan saya terangkan disini hanya terbatas pada 2 tahun terakhir saja. Selama 2 tahun terakhir ini Intel telah mengeluarkan 7 jenis processor, dan pada quarter tahun ini pula akan merilis jenis processor baru. Ke 7 processor itu terdiri dari :


Clarkdale yang pada awalnya terdiri dari i3 530, i3 540 , i5 650, i5 660 dengan basis dual core dan soket lga 1156 serta kompatibel dengan motherboard seri P55 dan H55. Catatan, keempat processor ini menggunakan teknologi hyper threading, tetapi hanya di processor i5 yang menggunakan teknologi turbo boost.


Lynnfield yang pada awalnya hanya terdiri dari i5 750 dan i7 860 dengan basis quad core dan juga menggunakan soket lga 1156 dan kompatibel dengan motherboard seri P55 dan H55. Catatan, kedua processor ini menggunakan teknologi turbo boost, tetapi hanya processor i7 yang menggunakan teknologi hyper threading. 



Selanjutnya Bloomfield yang pada awalnya terdiri dari i7 920 dan i7 950 dengan basis quad core, menggunakan soket lga 1366 dan kompatibel dengan motherboard seri X58. Kedua processor ini mempunyai teknologi hyper threading dan turbo boost. Jenis processor ini lebih cocok ditujukan untuk kelas gamer dan enthusiast melihat dari harga dan spesifikasinya.



Gulftown, dengan processor i7 990X Extreme Edition merupakan processor untuk kelas enthusiast dengan basis hexa qore atau 6 core dengan menggunakan soket lga 1366, dan kompatibel dengan motherboard seri x58, dengan catatan tidak semua motherboard seri x58 support untuk processor ini, hanya merk tertentu, atau  yang sudah menyediakan update bios untuk dapat menggunakan processor ini. Tentu saja processor ini sudah mengusung hyper threading dan turbo boost.


Sandy Bridge, yang merupakan processor terbaru Intel di awal 2011, terdiri dari i3 2100 berbasis dual qore dengan mengusung teknologi hyper threading tanpa turbo boost, i5 2500 berbasis quad core dengan teknologi turbo bosst tanpa hyper threading, i5 2500k sama dengan i5 2500 dengan penambahan unlock multiplier cocok untuk penggemar overclocking, begitu pula dengan i7 2600 dan i7 2600k, yangberbasis quad core dan  menggunakan teknologi hyper threading dan turbo boost. Ke 5 Processor ini menggunakan soket lga 1155 dan kompatibel dengan motherboard seri H67, P67 dan Z68.


Sandy Bridge E, processor terbaru Intel yang launching pada awal Desember 2011, merupakan processor kelas high end dan ditujukan untuk kalangan enthusiast, dan merupakan processor tercepat untuk saat ini. i7 3930K dan i7 3960X, berbasis 6 core dengan teknologi hyper threading dan turbo boost, menggunakan soket lga 2011 dan kompatibel dengan motherboard seri x79.


Untuk Processor AMD akan saya terangkan pada part selanjutnya.


Best Regards

RD

No comments:

Post a Comment