Total Pageviews

Tuesday, January 31, 2012

Tips Membangun PC, (Part 1 Komponen Utama, Chapter b. AMD Processor)

Sejujurnya, pengetahuan saya disini aga kurang.. karena saya cuma mencoba sekali untuk menggunakan processor dari kubu ini yaitu Phenom II X6 1055T. Macam processor dari AMD variannya cukup banyak, dari   Sempron, Athlon II, Phenom II dan processor generasi terbarunya dengan code name Buldozzer dari FX series. Keuntungan dari menggunakan AMD processor adalah soketnya yang menggunakan AM3 dan juga beberapa processor masih dapat menggunakan soket AM2+, sehingga apa bila anda hendak mengupgrade processor tidak perlu disertai dengan penggantian motherboard, tidak seperti Intel, apa bila hendak mengganti Processor ke generasi baru wajib pula untuk mengganti motherboard.

Phenom II merupakan processor kelas mainstream yang terdiri dari quad qore dan hexa core. Yang cukup melegenda dari processor ini adalah Phenom II X4 980 BE (Black Edition), tanpa teknologi hyper threading dan turbo boost sendiri aja processor ini sudah mempunyai speed clock di 3,7 ghz. Soket yang digunakan untuk 980 BE adalah AM3 dan AM2+.


Phenom II X6 1055T dan X6 1090T, adalah processor terbaru dari seri ini yang launching pada pertengahan 2010. Kedua processor ini berbasis hexa core dengan teknologi AMD Turbo Core. Masing-masing processor ini mempunyai clock speed 2,8 gh dan 3,2 ghz. Soket yang digunakan untuk kedua processor ini adalah AM3.


Pada pertengahan tahun 2011 waktu lalu AMD melakukan terobosan dengan meluncurkan processor terbarunya FX series atau yang lebih di kenal sebagai Bulldozer. Cukup tepat dimana saat itu Processor Intel Sandy Bridge mengalami masalah dengan struktur processornya yang menyebabkan recalling besar-besaran pada motherboard nya untuk di upgrade menjadi B3. Tidak tanggung-tanggung, AMD langsung mengeluarkan 5 jenis processor untuk seri ini. FX 4100 berbasis 4 core dengan clock speed 3,6 ghz, FX 6100 berbasis 6 core dengan clock speed 3,3 ghz, FX 8100, FX 8120, yang berbasis 8 core, dan masing-masing clock speednya adalah, 3,1 ghz, dan terakhir FX 8150 yang berbasis 8 core dengan clock speed 3,6 ghz. Teknologi Hyper Transport, terdapat pada semua processor ini untuk menaikkan clock speed tanpa harus melakukan overclocking. FX Series kompatibel dengan motherboard yang menggunakan soket AM3+.


 Part selanjutnya akan dibahas untuk pemilihan jenis dan merk motherboard

Best Regards

RD

No comments:

Post a Comment

Post a Comment