Total Pageviews

Tuesday, February 28, 2012

Credit card tips

Sudah hampir pasti di jaman sekarang kita semua memiliki kartu kredit, bahkan mungkin kita memiliki beberapa kartu kredit dari beberapa penerbit. Namun tidak sedikit dari kita yang pusing oleh tagihan kartu kredit, jadi sekarang saya ingin membagi tips menggunakan karu kredit yang (sok) bijak.


Pertama tama yang perlu diketahui adalah definisi sebenarnya kartu kredit itu, sesuai namanya, kartu kredit adalah kartu peminjaman dana, jadi kita sebagai pemegang kartu dipercaya oleh penerbit kartu untuk dipiinjamkan sejumlah dana sesuai pagu/limit pinjaman (kredit) unuk digunakan di tempat tempat tertentu. In a short word, itu bukan duit kita....!!,


Jadi berapapun dana yang kita pinjam dengan menggunakan kartu kredit tersebut, maka kita harus mengembalikan dana tersebut kepada bank penerbit kartu ditambah biaya biaya lainya seperti biaya tahunan dan bunga.  Disini banyak sekali orang yang salah penafsiran mengenai kartu kredit yang akhirnya justru akan mencekek leher sendiri karena tebelit oleh hutang kartu kredit.


Namun diantara hal hal “horor” kartu kredit ada beberapa keuntungan yang seharusnya kita bisa gunakan antara lain:


1.       Kartu kredit sebagai dana emergency, pada saat tertentu.


Kita mungkin saja dihadapkan dengan hal hal yang bersifat mendadak dan mendesak, seperti sakit,  kecelakaan, dll. Kartu kredit bisa digunakan pada saat saat semacam itu sebagai alat pembayaran supaya kita tidak terlalu lama berada dalam kondisi seperti itu dan tidak perlu bolak balik ke ATM dll.


2.       Kartu kredit sebagai alat penunda pembayaran, ketika membeli barang yang kita butuhkan (ingat butuhkan, bukan inginkan yaaa...) kartu kredit kadang bisa berfungsi sebagai penunda pembayaran, contoh, kebutuhan di rumah sudah habis sedangkan kita belum gajian. Kita bisa menggunakan kartu kredit untuk membeli kebutuhan dengan catatan kita harus tahu pasti bahwa dalam waktu dekat kita dapat membayar tagihan kartu kredit tersebut.


3.       Sebagai alat untuk menghemat. Nah bingung kan.... gini ceritanya, sekarang ini banyak sekali merchant yang bekerja sama dengan kartu kredit yang memberikan discount tambahan untuk pemegang kartu kredit tertentu, dengan menggunakannya maka kita bisa menghemat beberapa rupiah dengan syarat, jumlah penghematan dalam setahun harus lebih besar daripada biaya iuran tahunan dan jangan sampai terlambat membayar tagihan supaya tidak terkena bunga.


Kembali lagi diingatkan, pada saat menggunakan kartu kredit, pastikan juga beberapa hal :


1.       Pastikan kita memiliki uang di tabungan yang bisa digunakan untuk membayar penggunaan karu kredit kita per bulan, karena dana yang ada di kartu kredit bukanlah dana kita


2.       Selalu membayar lunas seluruh tagihan kartu kredit setiap bulannya, karena kita tidak tahu kapan kita butuh kartu ini untuk keadaan emergency.


3.       Bagi penggemar transaksi online, harap berhati hati, karena ada kemungkinan kartu kredit kita dibajak (fraud), jadi pilihlah site belanja yang sudah terpercaya dan besar.


Ok, sekarang sudah clear kan masalah perkartu kreditan... semoga bisa membantu kita menggunakan kartu kredit lebih bijak lagi.





JQ

2 comments:

  1. Halo Setiap tubuh,

    Nama saya adalah Ibu Monica Roland. Saya tinggal di London Inggris dan saya seorang wanita senang hari ini? dan saya mengatakan kepada diri saya bahwa setiap pemberi pinjaman yang menyelamatkan keluarga saya dari situasi kita miskin, saya akan merujuk setiap orang yang mencari pinjaman kepadanya, dia memberi saya kebahagiaan bagi saya dan keluarga saya, saya sedang membutuhkan pinjaman sebesar $ 250,000.00 untuk memulai hidup saya seluruh karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak-anak saya bertemu takut orang yang jujur dan ALLAH pemberi pinjaman yang membantu saya dengan pinjaman Dolar AS $ 250.000,00, ia adalah seorang ALLAH takut, jika Anda membutuhkan pinjaman dan Anda akan membayar kembali pinjaman silahkan menghubungi dia katakan padanya bahwa Ibu Monica Roland yang merujuk Anda kepadanya. hubungi Mr Mr James Tulang melalui email: (bestloansfinance02@gmail.com)

    ReplyDelete
  2. perhatian :::::

    Kami bersertifikat, dapat dipercaya, dapat diandalkan, efisien,
    dinamis dan cepat terpercaya, bekerja sama pemodal untuk real estate dan segala jenis pembiayaan usaha
    kita mengeluarkan pinjaman jangka panjang
    Jumlah pinjaman maksimum kita meminjamkan adalah 900.000.000.
    Kami menawarkan jenis pinjaman dan banyak lagi:

    Pinjaman Pribadi (pinjaman tanpa jaminan)
    Kredit Usaha (pinjaman tanpa jaminan)
    Pinjaman Konsolidasi
    Kombinasi kredit
    Home Improvement
    Silakan, jika Anda suka dan minat dalam penawaran keuangan kita,
    Silahkan hubungi kami
    melalui e-mail zenithloanlimited@gmail.com

    ReplyDelete