Total Pageviews

Wednesday, February 1, 2012

Tips Membangun PC, (Part 1 Komponen Utama, Chapter c. Pemilihan Motherboard Intel Soket LGA 1156)

Pemilihan motherboard cukup penting, mengingat banyaknya fitur dan gimmick yang di tawarkan oleh produsen motherboard. Oleh sebab itu sangat penting untuk membaca spesifikasi pada tiap-tiap motherboard sebelum membeli, baca review-review sampai anda yakin bahwa yang akan anda beli sesuai dengan harapan. Merek motherboard jumlahnya cukup beragam,  Asus, Gigabyte, MSI, EVGA, Asrock, Biostar, ECS, dan DFI, adalah merek yang dominan terdapat di Indonesia. Ukuran atau yang biasa di sebut form factor motherboard pun beragam, dari yang paling kecil Pico ITX, Nano ITX, Mini ITX, M-ATX (Micro ATX), dan Standard ATX. Beberapa Motherboard pada saat ini pun mempunyai beberapa ukuran baru yaitu E-ATX (Entended ATX) dan XL-ATX (Extra Large ATX).

Motherboard untuk processor Intel terdiri dari beberapa seri, untuk processor Clarkdale dan Lynnfield dapat menggunakan seri H55 dan P55. Pada seri motherboard ini diwajibkan untuk menggunakan memory DDR3 dan support untuk dual channel memory. H55 di desain untuk grafik on board, dan processor Clarkdale sendiri sudah mempunyai integrated graphic pada chipnya, sehingga tidak perlu menggunakan VGA Card. Pada motherboard ini biasanya hanya terdapat 1 PCI Express Lane, dengan ukuran Mini ITX, M-ATX sampai ATX saja.

Contoh motherboard H55 Mini ITX Merk Gigabyte

Contoh motherboard H55 M-ATX Merek Asus

Contoh motherboard H55 ATX Merek Gigabyte

Untuk motherboard seri P55 tidak lagi terdapat graphic on board. Motherboard seri ini support untuk semua processor Clarkdale dan Lynnfield. Spesifikasinya pun lebih luas lagi, beberapa diantaranya sudah support untuk USB 3.0, support untuk dual GPU Nvidia SLI atau AMD Crossfire (untuk user yang menginginkan menggunakan 2 VGA), dan bahkan pada seri high endnya, support untuk triple GPU, karena mempunyai chip NF200 untuk meningkatkan bandwith pada masing-masing PCI Express sehingga mampu meningkatkan speed lane nya menjadi 2x16(dual GPU) atau 3x8(triple GPU). Ukuran motherboard yang tersedia di seri ini M-ATX, ATX dan E-ATX.

Contoh motherboard P55 Merk Asus, MSI dan Gigabyte



Contoh motherboard high end P55 Merk Asus dan EVGA

Best Regards

RD


No comments:

Post a Comment