Total Pageviews

Thursday, February 23, 2012

Tips Membangun PC, (Part 1 Komponen Utama, Chapter e. Pemilihan RAM)

RAM (Random Access Memory), adalah hardware penting yang berfungsi untuk penyimpanan data pada komputer yang bersifat sementara, artinya bila komputer dimatikan, maka instruksi atau data yang tersimpan didalam RAM akan hilang. 

Pada saat ini type RAM yang beredar di pasaran adalah jenis DDR3. RAM DDR3 menggunakan teknologi 90 nm, sehingga sanggup mengkonsumsi daya dengan voltase yang lebih rendah, dan mampu mentransfer data dengan lebih cepat dibandingkan dengan tipe sebelumnya. Pilihan RAM DDR3 pun beragam dan tentu saja dapat membingungkan user untuk mengetahui jenis RAM yang akan dipakai untuk kebutuhan. Oleh karena itu ada baiknya juga bila user membaca dulu spesifikasi dari motherboard yang telah dipilih, untuk menentukan jenis RAM yang tepat. Contoh, untuk motherboard EVGA P67 FTW, pada key feature nya tertera 4DIMM Dual Channel DDR3 1333Mhz+ (up to 16GB). Ini berarti bahwa motherboard ini dapat menggunakan, 1 sampai 4 buah RAM DDR3 dengan kapastitas total berjumlah 16Gb, pada frekuensi 1333. Untuk keseluruhan jenis RAM yang tersedia dapat dilihat pada tabel di bawah ini 



Beberapa Chipset pada motherboard memungkinkan user menggunakan RAM dengan konfigurasi Dual Channel, Triple Channel, bahkan pada saat ini juga tersedia sampai Quad Channel. Untuk Dual Channel, konfigurasi ini baru dapat dijalankan jika user memiliki dua jenis RAM dengan konfigurasi yang identik. Prinsip ini dapat mempercepat kinerja RAM dibandingkan dengan Channel. Dapat disimpulan bahwa RAM Single Channel dengan kapasitas 1GB dibandingkan dengan RAM Dual Channel dengan kapasitas yang sama, transfer rate data lebih cepat untuk diproses dengan menggunakan konfigurasi Dual Channel. Penempatan Dual Channel, RAM ditempatkan pada slot memory motherboard dengan warna yang sama.


Contoh untuk Dual Channel, pada gambar di atas, gunakan slot dengan yang berwarna merah saja, atau dengan yang berwarna hitam saja, bila menggunakan 2 keping RAM. Bila menggunakan 4 keping RAM, dapat diletakkan pada semua slot memory yang tersedia pada motherboard.

Prinsip ini berlaku juga  untuk konfigurasi Triple Channel maupun Quad Channel. 


Untuk Tripple Channel wajib menggunakan 3 keping RAM atau 6 keping RAM. Begitu pula dengan Quad Channel wajib menggunakan 4 keping RAM atau 8 keping RAM.

Berbagai merek RAM yang tersedia di pasar terdiri dari Merek Corsair, G-Skill, Kingstone, Team, OCZ, V-Gen, dan seterusnya. Untuk lebih jelas dengan merek yang tersedia dan spesifikasi masing-masing RAM DDR3 dapat di cek di http://ramlist.i4memory.com/ddr3/.

Contoh berbagai macam model RAM DDR3


RAM Kelas Value, lebih cocok untuk kebutuhan kantor dan multimedia







Performance RAM, rata-rata mempunyai heatsink, cocok untuk gamer maupun enthusiast ataupun user dengan kebutuhan untuk menjalankan aplikasi berat yang membutuhkan RAM dengan proses yang cepat.


Best Regards

RD









No comments:

Post a Comment