Total Pageviews

Thursday, February 9, 2012

Tips Membangun PC, (Part 1 Komponen Utama, Chapter c. Pemilihan Motherboard Intel Soket LGA 1155)

Motherboarrd dengan soket lga 1155 terdiri drari berbagai chipset seperti seri H67, P67, dan Z68 ini merupakan pengganti dari motherboard soket lga 1156, mempunyai fitur yang hampir sama dengan pendahulunya dan penambahan untuk support usb 3.0 di semua motherboard.

 H67 hampir sama dengan H55 yang memang di desain untuk menggunakan grafik onboard, sehingga juga tidak memerlukan VGA card. Begitupun P67 yang memang didesain untuk menggantikan P55, sehingga perubahan fungsi tidak terlalu signifikan dibandingkan dengan pendahulunya. Z68 adalah chipset yang benar-benar baru untuk soket lga 1155. Keunikkan seri ini adalah pada saat idle grafik card dimatikan sistemnya agar dapat menngunakan grafik sistem onboard, sehingga penggunaan dayanya menjadi lebih hemat, dan juga seperti H67, motherboard ini juga dapat bekerja tanpa menggunakan VGA card. Keunggulan lain dari chipset ini adalah peningkatan kapasitas RAM dan juga peningkatan kerja untuk SSD yang lebih baik dibandingkan dengan P67 dan seri-seri sebelumnya.

Hampir sama pula dengan pendahulunya, seri high endnya juga menggunakan chipset NF200 untuk pengguna yang ingin menggunakan dual vga dengan speed 2x16.


Contoh motherboard P67 merek Gigabyte dan Asus

Contoh motherboard high end Z68 merek EVGA, Asus dan Gigabyte

Best Regards

RD

No comments:

Post a Comment