Total Pageviews

Tuesday, February 14, 2012

Tips Membangun PC, (Part 1 Komponen Utama, Chapter d. Pemilihan Graphic Card Nvidia)

Setelah processor dan motherboard, komponen selanjutnya adalah Graphic Card, atau yang biasa di kenal sebagai kartu grafis atau VGA Card. Pada saat ini hanya ada 2 penyedia GPU (Graphic Processing Unit) yaitu Nvidia dan AMD Radeon. Keduanya saling berperang untuk memberikan teknologi-teknologi baru untuk meraup jumlah konsumen dengan hadirnya berbagai fitur, performa dan tentu saja harga yang beragam. Hal-hal ini yang tentu saja terkadang membuat user bingung untuk membeli graphic card yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Nvidia mempunyai keunggulan dalam layar 3D dan tentu saja performa dari GPU nya sendiri yang terkenal menghasilkan kualitas gambar yang smooth dan jernih. AMD sejak mengambil alih ATI Radeon semakin menunjukkan kematangannya dengan tetap mempertahankan fitur eyefinity nya yang sanggup untuk mensupport 3 layar monitor sekaligus dengan menggunakan 1 graphic card.

Untuk saat ini, graphic card yang beredar di pasaran cukup banyak, Nvidia dengan seri 400 dan 500, sedangkan AMD Radeon dengan seri 5000 dan 6000. Bahkan pada saat ini AMD Radeon telah meluncurkan seri barunya yaitu seri 7000, dan akan diikuti oleh Nvidia pada bulan Maret atau April nanti dengan seri 600 atau 700.


Beberapa jajaran supplier yang menggunakan GPU Nvidia terdiri dari Gigabyte, Asus, EVGA, Galaxy, MSI, PNY, dan Zotac. Masing-masing supplier menyediakan graphic card dengan model reference berdasarkan desain orisinal dari Nvidia dan model non reference, hasil dari perkembangan desain masing-masing supplier untuk menambahkan performa pada masing-masing model graphic card nya.

Untuk seri 400 terdiri dari GT 430, GT 440 untuk kelas entry. Seri ini cocok bagi user yang menggunakan graphic card untuk kebutuhan kantor dan multimedia.


GT 430

GT 440


Untuk kelas menegah dari seri 400 terdiri dari GTS 450 dan GTX 460. Seri ini cocok bagi user yang menggunakan graphic card untuk pekerjaan editing atau desain, rendering dan tentu saja cocok buat para gamer.

GTS 450


GTX 460

Untuk kelas high end dari seri ini terdiri dari GTX 470 dan GTX 480. Seri ini lebih cocok bagi user yang mengutamakan performa untuk kebutuhan pekerjaannya, atau dapat digunakan untuk overclocking ataupun digunakan untuk game dengan kualitas grapis yang paling tinggi.

GTX 470

GTX 480


Begitupula dengan seri terbarunya seri 500. Untuk kelas entry dapat menggunakan GT 520 dan GT 545.

GT 520

GT 545

Untuk kelas menegahnya terdiri dari GTX 550Ti, GTX 560 dan GTX 560Ti.

GTX 550Ti

GTX 560

GTX 560Ti

Sedangkan untuk seri high endnya terdiri dari GTX 570 dan GTX 580, serta GTX 590 yang didesain untuk menggunakan dual GPU dalam 1 graphic card.

GTX 570

GTX 580

GTX 590


Graphic card reference atau desain orisinal dari nvidia sering dikeluhkan karena suhunya terlalu panas saat digunakan pada kondisi full load. Oleh karena itu desainnya diubah oleh para suppliernya terutama untuk memperbaiki sektor performa dan sektor pendingin untuk menghasilkan kinerja yang lebih efisien dan tentu saja lebih dingin. Beberapa contoh desain non reference dari beberapa supplier graphic card

Asus dengan Direct CU II


MSI dengan Twin Frozer


Gigabyte dengan Super Overclock


Best Regards

RD




1 comment:

  1. Halo Setiap tubuh,

    Nama saya adalah Ibu Monica Roland. Saya tinggal di London Inggris dan saya seorang wanita senang hari ini? dan saya mengatakan kepada diri saya bahwa setiap pemberi pinjaman yang menyelamatkan keluarga saya dari situasi kita miskin, saya akan merujuk setiap orang yang mencari pinjaman kepadanya, dia memberi saya kebahagiaan bagi saya dan keluarga saya, saya sedang membutuhkan pinjaman sebesar $ 250,000.00 untuk memulai hidup saya seluruh karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak-anak saya bertemu takut orang yang jujur dan ALLAH pemberi pinjaman yang membantu saya dengan pinjaman Dolar AS $ 250.000,00, ia adalah seorang ALLAH takut, jika Anda membutuhkan pinjaman dan Anda akan membayar kembali pinjaman silahkan menghubungi dia katakan padanya bahwa Ibu Monica Roland yang merujuk Anda kepadanya. hubungi Mr Mr James Tulang melalui email: (bestloansfinance02@gmail.com)

    ReplyDelete