Total Pageviews

Sunday, January 8, 2012

MIGAS 101 : Basic Knowledge, Survey and Exploration

Seperti kalian semua sadari negara kita tercinta Indonesia ini kaya akan hasil bumi Minyak dan Gas (MIGAS), disemua pulau besar Indonesia mengandung kandungan MIGAS (atau istilah teknisnya Hydrocarbon). Nah mulai sekarang pada setiap Sesi MIGAS 101 pengertian dasar seputar industri MIGAS di Indonesia akan di jelaskan oleh saya (CK)

Now, I'm not exackly expert dalam urusan MIGAS, umur saya baru 33tahun, saya bekerja di Industri MIGAS baru 4tahun lebih sedikit, tapi saya lahir dan besar di lingkungan Oil N Gas Indonesia. Berbekal pengetahuan saya yang belum seberapa ini saya ingin sharing knowledge kepada saudara-saudara sekalian.

Sebelum kita masuk into the real technical stuff, saya akan jelaskan dulu secara singkat mengenai Hydrocarbon di dalam perut bumi.

Hydrocarbon adalah sisa-sisa dari Binatang prehistoric, biasanya binatang laut purbakala (Ikan dan Plankton) atau Dinosaurus. Bangkai mereka membusuk dan diresap oleh bumi setelah tersimpan berjuta-juta tahun didalam perut bumi (terkena tekanan dan panas yang ekstrim) maka molekul-molekul dari pembusukan tersebut menjadi Hydrocarbon (yg kita sebut dengan Minyak bumi atau Gas Bumi)

Saya yakin banyak orang diluar sana yang beranggapan bahwa minyak yang ada didalam perut bumi seperti air dalam ember, dimana mereka tertampung disemacam cekungan/goa., tinggal di bor dan kemudian di hisap keluar. Tapi kenyataannya tidak seperti itu, Hydrocarbon tersebut meresap kedalam batuan tertentu dan terjebak disana (seperti air masuk kedalam sponge). Lapisan batuan yang mengandung Hydrocarbon itulah yang dicari oleh manusia (dengan segala keterbatasan teknologinya). Hydrocarbon secara Kimiawi adalah Hasil bumi yg mengandung Unsur Kimia H (Hydrogen) dan C (Carbon). Kombinasi dari dua elemen tersebut bermacam2 dan ditambah dengan unsur2 lainnya akan juga membentuk tipe Hydrocarbon yang bermacam-macam. tapi pada intinya semua Hydrocarbon adalah dapat dibakar (combustable), maka dari itu Hydrocarbon masih
merupakan sumber energi utama di  dunia ini (disebut Fossil  Fuel). Fossil Fuel saaat ini Masih merupakan energi Paling Ekonomis (cost/kalor atau cost/HP) yang umat manusia tau. Disesi lain saya akan menjelaskan Fossil Fuel Vs Alternative Energy.

Proses pencarian dan extraksi Hydrocarbon sediri terbagi dari 3 bagian besar, yaitu:
1. Survey/Explorasi
2. Pengeboran
3. Produksi
Saya akan jelaskan satu per satu dengan bahasa yang sesederhana mungkin:

Survey/Explorasi
Proses Survey dan explorasi ini adalah yang paling penting karena pada tahap inilah pencarian Hydrocarbon di mulai. Pada Intinya proses ini mencari dimana letaknya hydrocarbon terperangkap, cara yang paling umum adalah dengan melakukan Sismic Survey
Sismic survey adalah proses dimana pantulan suara ledakan dari explosive dianalisa dan di interpertasi. Seperti pada kelelawar, suara dapat memberitahu benda dan posisi... begitu juga pada seismic survey. contoh sederhananya Jika sebuah Gelombang suara membentur tembok kayu tentu gelombang pantulan baliknya akan berbeda dengan jika gelombang yang sama membentur tembok batu. Nah Konsep dasar inilah yang dipakai untuk Seismic Survey. Para Geologist dan Geophysis menginterperasi data yang diterima oleh alat seismic survey menjadi gambaran kasar mengenai struktur lapisan batu yang ada. dari sini mereka dapat meperkirakan dimana hydrocarbon (jika ada) terjebak. tapi perlu diingat baik data dan interpertasinya tidak akan pernah bisa akurat 100%.
Teknologi seismic pada umumnya adalah 2D seismic, tapi mulai awal tahun 90an 3D sismic sudah mulai di pergunakan dan ini menambah akurasi dari data seismic walaupun tetap belum 100% akurat. yaa tentunya bila sudah ada teknologi yg menghasilkan data 100% akurat ttg posisi minyak, maka harga minyak didunia tentu akan menjadi jauuh lebih murah.. krn artinya resiko sumur kering (dry hole) akan hilang sama sekali, yang membuat forcast margin of profit menjadi sangat akurat dan kemudian semua orang akan mulai berbisnis Oil N Gas hahaha, yaaa mudah2ana adalah dimasa depan teknologi seperti itu.
Latar belakang Ilmu yang mensupport teknis operasi dunia Oil n Gas banyak sekali, mulai dari Geologist, Geophysis, Palentologi, Teknik mesin, Teknik Kimia, Teknik Elektro, Teknik Industri, Metalurgi, Geografi, dll. Tapi dari konsep dasarnya Dunia Oil n Gas Adalah Dunianya orang2 berlatar belakang Geologist, Geophysis, Palentologi, mereka mereka inilah yang berada di garis paling depan dalam industri Oil n Gas. Nah karena saya bukan berasal dari 3 ilmu tersebut maka saya tidak akan terlalu jauh menjelaskan tentang SURVEY/EKSPLORASI, takutnya saya salah menjelaskan nanti malah menyesatkan :)
Oh Ya... Saya selalu Menyebut Oil n Gas.. tapi diatas saya baru menyebutkan ttg Hydrocarbon yang dari Minyak nah sekarang akan saya jelaskan sedikit mengenai Gas yang dari Hydrocarbon. Konsepnya sama saja mereka berasal dari mahluk hidup prehistoric, pada dasaranya semua yg membusuk pasti menghasilkan gas, nah dari konsep inilah gas bumi berasal. zat Padat dari bangkai membusuk dan berubah menjadi minyak Bumi sementara proses pembusukannya menghasilkan Gas Bumi

Saya rasa cukup disini dulu sesi MIGAS 101 untuk kali ini, di sesi berikutnya akan saya jelaskan proses - proses selanjutnya.

Cheers,
CK

No comments:

Post a Comment